Catatan (15) Info (8) PENDIDIKAN (8) PUISI (5) My Songs (4) Berita (1) Hunting Foto (1)

11 Mei 2012

Start a Band - Pick a Name


Start a Band!
Jadi, kamu berada di sini karena kamu suka nge-band? Atau baru berpikir untuk mulai nge-band?

Atau pernah berhayal bisa nge-band?

“Band Stairway to Greatness” mulai dari artikel ini akan membantu kalian! Hohoho

Pick a Name
Mari berandai andai, kamu bisa memainkan gitar, atau setidaknya mampu memainkan salah satu alat musik, kamu menonton salah satu idolamu di atas panggung besar dengan audio yang wah dan lighting yang super memadai, penonton mengeluelukan idolamu dan angan anganmu melangkah ke atas awan. Aku ingin jadi seperti mereka.


Kamu pun pulang dengan semangat 45, mulai menelepon orang orang terdekatmu dan berpikir akan membentuk sebuah band paling keren sejagat. Saking semangatnya kamu bersedia mentraktir teman temanmu demi mewujudkan impian liarmu. Tapi, pasti semua orang yang memulai band termenung ketika tukang jaga studio bertanya “Booking pake nama apa?” Faktanya nggak, kebanyakan nggak perduli, nama apa yang akan mereka pake. Makanya, sebelum menjadi Beautiful Monday, band retro pop dari Medan memilih nama Anjing Beranak. Nama yang bener bener random.

Padahal, salah satu hal paling penting dari sebuah band, adalah NAMA

Bang William mungkin pernah bilang “What’s in a Name? Apalah arti sebuah nama?”

Sangat berarti, bang.

Nama The Brandals akan membuat kita berpikir tentang band ugal ugalan, nama Auman akan langsung menciptakan persepsi tertentu, begitu juga Martyr, Bedebah Bangsat, Cherry Cola, Hairdresser on Fire, Sex Pistols, Metallica, Motorhead, Sore, The Trees and The Wild, Afternoon Talk dan banyak lagi lainnya.

How to Pick a Name?
Ada banyak cara untuk memilih nama band, yang paling mudah, musik macam apa yang ingin dibawakan? Nama band seharusnya menggambarkan bagaimana musikmu, kenapa begitu? Banyak orang jatuh cinta pada pendengaran pertama nama band, loh.

Nama Muntah Kawat, Emosi Bangsa, Beranak Dalam Kubur, Dead Vertical, Cryptical Death tentu akan sangat tidak cocok jika kamu memainkan musik yang terpengaruh Sarah Records kan? Kecuali,jika kamu ingin membuat band banyolan seperti KUBURAN misalnya.

Selain, berkaitan dengan image band, mempunyai nama yang unik ataupun orisinal akan memudahkan orang untuk mencari tahu nama kalian, MAKA jangan pilih nama yang terlalu umum dan terdiri dari satu huruf, seperti Radio, Ada, Do atau semacamnya. Kecuali, jika nama itu (kembali ke poin pertama) menggambarkan dengan jelas bandmu, seperti HOMICIDE.

Tips berikutnya, untuk mendapatkan nama yang orisinil, pakailah bahasa Indonesia yang baku dan mulai jarang digunakan orang, seperti Seringai, Kekal, Komunal, Kubik atau bisa juga bahasa asing selain Inggris yang ear-catchy seperti Nidji. Ambil saja secara acak kamus bahasa asing di toko buku dan pilih yang mempunyai arti menarik. Nidji, berarti Pelangi dalam bahasa Jepang.

Hindari nama yang membuat kamu jadi bahan olokan dan pointless, seperti Kangen, Kertas, Wali, Pilot dan semacamnya. Hindari penggunaan apostrof seperti D’Masiv atau D’bagindas, sudah ketinggalan jaman.
Jangan paksakan namamu terdengar keren seperti Karbala Bukan Fatamorgana, Aneka Digital Safari, Sungsang Lebam Telak kalau mau masuk Dahsyat atau Inbox.

Jika musikmu menuntut untuk bersenang senang, tentu saja nama macam Pemandangan Band atau The Super Insurgent Group of Intemperance Talent adalah pilihan yang bagus. Jika kalian ingin go international, pilihlah nama yang menarik perhatian macam White Shoes and the Couples Company.

Jangan paksakan nama berbahasa Inggris kalau terdengar nonsense seperti ............ (Isi Sendiri)
Yang paling dasar dari semuanya, Nama membentuk karakter band, Nama akan menjadi identitas bagi band dan fansmu, Nama yang bagus akan membuat bandmu mudah diingat orang, Nama yang secara menarik akan menarik perhatian media. Oke, good luck with the Name.


0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
Wide Eye Onion Kun